Friday, November 29, 2013

DIKLAT EKONOMI ISLAM 2013

Posted by CIES UNY on Friday, November 29, 2013 with No comments
Diklat Ekonomi Islam CIES
Dalam rangka menigkatkan kapasitas keilmuan dan keorganisasian ekonomi islam, untuk pertama kalinya CIES mengadakan diklat ekonomi islam. Acara ini diselenggarakan pada hari Ahad, 24 November 2013 bertempat di Auditorium Fakultas Ekonomi UNY.

Dalam diklat kali ini, materi dengan tema “ekonomi islam dulu, sekarang dan akan datang” yang dibawakan oleh Gigih Rahutomo, aktivis ekonomi islam dari Universitas Negeri Yoryakarta. Peserta begitu antusias mengikuti acara diklat. Materi yang dibuka dengan pengenalan perkembangan ekonomi hingga bagaimana ekonomi islam muncul disampaikan begitu jelas oleh kak Gigih. Bahkan antusias keingin tahuan itu semakin tinggi ketika dibuka sesi Tanya jawab.
materi Gigih Rahutomo


Salah satu pertanyaan yang menarik untuk di diskusikan adalah mengenai ekonomi islam yang saat ini dirasa belum bisa membuktikan kontribusi riil nya, masih banyak yang harus di kaji ulang. Selain itu seakan akan sekarang ekonomi islam hanya menjadi tren, bukan sebuah solusi yang benar benar di kembangkan dan diterapkan.
Diikuti sebanyak 89 orang yang terdiri dari mahasiswa fakultas ekonomi dan terbuka umum mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini semakin menarik untuk peserta ketika sesi yang ke dua, yaitu pengenalan organisasi yang aktif terlibat di kegiatan ekonomi islam.

Yang pertama adalah pengenalan dari Center of Islamic Economics Studies (CIES) UNY. Kelompok studi ekonomi islam ini sudah berdiri sejak tahun 2008 yang dahulu masih dalam wadah FISE. Dan baru tahun 2011 CIES berada di fakultas ekonomi. Ditahun 2013 ini CIES memiliki berbagai kegiatan kegiatan pengkajian dan pengembangan ekonomi islam baik temporer maupun rutin. Untuk temporer CIES memiliki agenda Stadium general ekonomi islam, kajian ekonomi islam,seminar nasional dan bazaar produk keuangan syariah, dan open classic. Sedangkan kegiatan rutin ada beberapa diantaranya adalah mini class studi, Islamic banking training, dan Ipad.
Pengenalan CIES

pengenalan fossei regional Yogyakarta, dalam hal ini di jelaskan oleh koordinator fossei Yogyakarta, M abdul Aziz. Dan sebelum acara di tutup maka dilanjutkan dengan pengenalan Islamic Mini Bank. Sebuah rintisan lembaga keuangan fakultas ekonomi yang menawarkan berbagai produk untuk seluruh warga UNY dan FE pada khususnya. Yang paling menarik produk yang ditawarkan bukan hanya produk simpan pinjam pada umumnya, namun ada produk simpanan organisasi dan juga simpanan cendekia untuk perencanaan biaya-biaya berkaitan dengan perkuliahan, baik semesteran, KKN, PPL maupun Yudisium atau Wisuda. (depmedkom)

0 komentar:

Post a Comment