Friday, November 29, 2013

BERWIRAUSAHA ALA ROSULULLAH

Posted by CIES UNY on Friday, November 29, 2013 with No comments
Berwirausaha sekarang ini bukan menjadi sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Sudah banyak buku yang membahas tentang berwirausaha, seminar-seminar menjamur dimana mana bahkan saat ini banyakkampus bahkan yang memasukkan matakuliah khusus berwirausaha. Tujuannya apa? Tak lain dan tak bukan adalah menumbuhkan dan membentuk jiwa wirausaha sejak dini mulai dari kampus.
Nah, bagaimana seharusnya wirausaha yang baik dan benar agar dapat menjadi wirausaha sukses. Jawabannya hanya singkat. Satu hal yang perlu kita lakukan adalah meneladani Rosulullah. Mengapa harus Rosulullah? Karena rosulullah adalah panutan seluruh umat manusia. Beliau adalah teladan dalam hal apapun termasuk dalam hal berwirausaha.
Rosulullah sudah mengajarkan berwirausaha sejak beliau berumur 14 tahun, saat itu beliau mengikuti pamannya, Abu Thalib untuk berdagang. Dalam praktiknya rosulullah selalu memperhatikan adab jual beli, salah satunya adalah kejujuran. Kejujuran yang beliau contohkan mengantarkan beliau menjadi pengusaha sukses bahkan beliau di beri gelar al amiin atau orang yang dapat dipercaya. Ketika berjualan beliau selalu memberitahu kepada konsumen mengenai kondisi barangnya baik keunggulan maupun kelemahan. Beliau tidak pernah menutup nutupi kekurangan barang yang ia jual. Bahkan rosulullah tidak jarang member tahu berapa harga beli dan keuantungan yang ia ambil. Lalu jika pembeli sepakat maka baru terjadi transaksi jual beli.
            Itulah sedikit gambaran singkat mengenai bisnis ala rosulullah. Masih banyak lagi tuntunan bisnis rosulullah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Semoga apa yang kita lakukan berkah dan diridhoi allah, termasuk bisnis yang kita kelola.
(May)

0 komentar:

Post a Comment