Monday, October 7, 2013

SEMINAR EKONOMI ISLAM DAN BAZAAR PRODUK SYARIAH

Posted by CIES UNY on Monday, October 07, 2013 with No comments


Seminar Nasional Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi (FE) UNY tahun 2013 telah terlaksana pada hari Ahad 22 September. Seminar Nasional yang bertemakan "Ekonomi Islam Dalam Menjawab Tantangan Perekenomian Indonesia" ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai Universitas terkemuka.


Acara yang dimulai pada pukul 08.00 pagi ini, rencananya menghadirkan Dr. Anggito Abimanyu, Drs. Dumairy, MA, dan Drs. Masyhudi Muqorobin, M.Ec., Ph d., Akt. Akan tetapi Dr. Anggito berhalangan hadir sehingga hanya ada dua pembicara yang bisa hadir.
Antusiasme para peserta tetap tinggi meskipun pada akhirnya Dr. Anggito berhalangan hadir. Ini terbukti dengan banyaknya jumlah hadirin yang mendaftar ulang bahkan ada yang baru mendaftar sejak sebelum seminar dibuka.


Diawali oleh tausyah Qur'an oleh saudara Anam, dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh Sitty Maesaroh selaku ketua Badan Semi Otonom (BSO) CIES. Kemudian, adalah bapak Mustofa, M.Sc. selaku pembina Al-Fatih FE UNY yang memberikan sambutan kedua. Terakhir, Bapak Siswanto, M.Pd. memberi sambutan sekaligus membuka acara seminar nasional.


Dimoderatori oleh Bu Denis, Bapak Masyhudi dan Bapak Dumairy berturut-turut memaparkan pendapatnya. Beberapa kesimpulan dari seminar ini di antaranya adalah bahwa peran ekonomi islam ada pada kemampuan dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional. Sedangkan yang masih menjadi masalah hingga kini adalah Indonesia masih mengimpor komoditas-komoditas yang sebenarnya bisa dihasilkan sendiri. Tetapi yang tak kalah penting adalah memelihara akhlak. Ekonomi islam tidak pernah bisa terwujud jika penduduknya sendiri tidak berakhlak mulia.


Akhirnya, menjelang pukul 13.30 WIB, acara seminar pun ditutup dengan sesi serah terima kenang-kenangan kepada para pembicara dan moderator. Tidak ketinggalan juga bazar ekonomi islam telah menunggu di pintu luar untuk dikunjungi.


Akhir kata, terimakasih kepada para peserta seminar ekonomi islam CIES UNY. Mari kita terapkan perekonomian yang syariah di negeri tercinta kita.
Sampai jumpa tahun depan!

EKONOMI RABBANI! BISA.......!

0 komentar:

Post a Comment